Transmisi Otomatis, atau Automatic Transmission merupakan istilah yang umum digunakan di dunia otomotif. Transmisi disinipun beda halnya dengan transmisi dalam bidang telekomunikasi. Walaupun pada hakikatnya memiliki pemahaman yang sama, yaitu “menyalurkan”. Jika pada bidang telekomunikasi istilah transmisi dapat diartikan ‘menyalurkan informasi’, sedangkan pada bidang Mekanik atau Otomatif, transmisi dapat diartikan ‘menyalurkan gaya’.
Istilah Automatic Transmission dan Manual Transmission ini pertama kali kudengar dari game-game driving. Penyebutannya pun disingkat menjadi AT dan MT. Balapan yang menggunakan mode MT, terasa lebih sukar untuk dimainkan daripada menggunakan mode AT. Pada mode MT, kita harus memikirkan untuk mengganti gigi transmisi untuk mendapat kecepatan yang efektif. Sedang pada mode AT, kita cukup menekan tombol gas, setelah itu tinggal berpikir bagaimana berbelok menyusuri arena balap tanpa banyak menabrak.
Pada kendaraan sebenarnya, Automatic Transmission memiliki beberapa mode. Mode Parking (P) digunakan jika kendaraan berhenti lama, atau pada saat mobil akan dinyalakan. Dalam mode Parking ini, mobil akan susah didorong karena roda akan terkunci untuk berputar. Mode Reverse (R), seperti umumnya mode transmisi, mode R ini digunakan untuk mundur. Mode Drive (D), merupakan mode yang paling sering digunakan di kendaraan automatic transmission. Dalam mode ini kendaraan cukup ditekan tuas throttle, maka kendaraan pun akan meluncur hingga kecepatan maximum yang kita inginkan. Mode Neutral (N), mode Neutral sama halnya dengan transmisi manual, mode ini digunakan jika kendaraan berhenti sejenak seperti saat menunggu lampu merah di persimpangan jalan. Pada mode Neutral ini tidak perlu khawatir kendaraan akan melompat jika tuas throttle terinjak. Selain empat mode yang sudah di sebutkan tadi, biasanya dapat ditambah beberapa mode lagi. Mode ini dapat dinamai dengan berbagai macam kode, misalkan mode S dan L1, yang terus terang aku kurang mengerti apa makna dari kode itu, yang jelas, mode ini di gunakan untuk membatasi kecepatan kendaraan terhadap perputaran mesin. Misalkan kendaraan digunakan untuk menanjak yang panjang atau untuk menembus genangan air yang tinggi, mode transmasi ini cocok karena perputaran mesin dapat diset dengan perputaran yang tinggi dan kendaraan tidak melaju terlalu kencang.
Pada kendaraan transmisi otomatis, sama halnya dengan game-game driving AT, tuas yang diperlukan pun lebih sederhana, yaitu gas dan rem. Bagi yang belum pernah mengendarai mobil, mungkin solusi Automatic Transmission, bisa menjadi solusi terbaik. Cukup tekan tuas gas dan kendaraan pun langsung berjalan dengan lancar. Walaupun secara logika, transmisi otomatis sangat mudah untuk digunakan, tapi lain halnya jika sudah terbiasa dengan transmisi manual. Ketiadaan tuas kopling, seringkali cukup mengganggu dalam proses mengendara, terutama saat kendaraan berjalan dari satu lampu merah ke lampu merah yang lain. Reflex untuk menginjak tuas kopling saat kendaraan melambat, membuat tuas rem menjadi terinjak di saat yang belum tepat. Kendaraan pun jadi tersendat-sendat tidak nyaman.
Tulisan ini dibuat dalam rangka terkaget-kaget dalam menggunakan KIA Carnival matic 😀
Gambar diambil dari:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e0/Torque-converter-cutbox-model.jpg
Hem kaget dengan kelembutan AT ya ??
slm knl y…….
oia mw tnya klau biasa y klau transmisi otomatis rusak komponen apa saja yg prlu d’prbaiki ?
setahuku klo transmisi rusak, semuanya kudu diganti dlm stu paket
@kirul
iyah.. sepertinya memang begitu..
punya FLASH dari sistem kerja transmisi otomatis tidak,klo punya bisa bagi2 donk donk,thanks y
@nandar
anda bisa mendapatkan animasi flash dan mempelajari sistem kerja transmisi otomatis di http://www.howstuffworks.com/automatic-transmission.htm
bagus mas blognya.
@varyd
terima kasih 🙂
emang kalo 1 paket…penggantian tranmisi…berapa duit tuh ???
komponen apa z dalam transmisi AT KIA carnival diesel tdk bisa maju n mundur?
saya punya kendala di matic tidak bisa mundur itu sudah di tukar tambahkan di oto tknik bekasi tapi setelah itu sekarang ini sdh tidak bisa maju apa lagi mundur apaya solusinya dan berapa liter oli transmisi itu normalnya ?
setelah mencoba pemasangan transmisi, ketidaktepatan lubang ke sensor cct pd mobil carnnival jd brpeluang melonjak,y rpm …
setelah scanning dn tdk ada mslah, tetapi mobil blum jg bkerja dgn baik, saya coba spekulasi dgn memutar2 sensor tsb dlm kondisi mesin hdup,akhir,y mesin kembali normal,,
hidup matic. tinggal di jakarta emang paling pas pake kendaraan matic. karena kan suka macet2an 😛
Selai Kacang
Saya punya kia carnival thn 2000 bensin, masalahnya R nya ga mau mundur atau atret, itu apanya ya, dan bagaimana solsinya, trima kasih bnyak,
mungkin mobil jarang jalan, shg terjadi pengendapan oli matic sehingga matic tdk bisa bekerja normal. atau volume oli matic kurang…. solusinya ganti oli matic & pastikan volume oli pas.
Gan ana minta pendapat n transmissi matic mesin bensin pindah ke mesin diesel j3 sama gak ? Mobil carnival 2000. Trimks.